NAHWU
BAB TENTANG MAF’UL
YANG TIDAK DISEBUTKAN FA’ILNYA Atau BAB NAIBUL FA’IL
الفَاعِلُ
هُؤَ : الإِسْمُ المَرفُوْعُ الَّذِيْ لَمْ يُذْكَرُ مَعَهُ فَاعِلُهُ وَأُقِيْمَ
هُوَ مَقَامَهُ فَصَارَ مَرْفُوْعًا بَعْدَ أنْ كَانَ مَنْصُوْبًا وَعُمْدَةً
بَعْدَ أَنْ كَانَ فُضْلَةً فَلا يَجُوْزُ حَذْفُهُ وَ تَقْدِيْمُهُ عَلَى
الفِعْلِ وَيَجِبُ تَأِنِيْثُ الفِعْلِ إِنْ كَانَ مُؤَنَّثًا وَيَجِبُ أَنْ لا
يَلْحِقَ الفِعْلَ عَلامَةُ ْتَثْنِيَةٍ اَوْ جَمْعٍ إِنْ كَانَ مُثَنَّى اَوْ
مَجْمُوْعًا .
Naib fa’il
adalah (isim) yang sharih atau muawwal (
yang marfu’ yang tidak disebutkan fa’il_nya dan dipertempatkan isim
tersebut pada tempat fa’il
disegala hukum-hukumnya,sehingga dengan sebab mempertempatkannya pada
tempat fa’il maka isim tersebut
menjadi marfu’ setelah dahulunya manshub, dan menjadi ‘umdah
setelah dahulunya fudhlah, maka tidak boleh membuangnya dan
mendahulukannya diatas fi’il, dan
wajib men_taknist_kan fi’il bilamana naib fa’il-nya muannast
hakiki,seperti “ ضُرِبَتْ هِنْدٌ , إِّذَا زُلْزِلَتِ الأَرْضُ ” , dan diwajibkan agar fi’ilnya
tidak dihubungkan tanda tastniyah atau jamak jika naib fa’il_nya
mutsanna atau jamak,seperti “ ضُرِبَ الزَّيْدَانِ , ضُرِبَ الزَّيْدُوْنَ ”.
Sebab -sebab dibuangkan fa’il dan dipertempatkan maf’ul
pada tempatnya
وَحَذْفُكَ الفَاعِلَ للنِّظَام *
وّالسَّجَعِ والتَّحْقِيْرِ والإِعْظَامِ
والخَوْفِ والإبْهَامِ والإيْثَارِ *
والعِلْمِ والجَهْلِ والإِخْتِصَارِ
تَيَسُرِ الإنْكَارِ واخْتِبَارِ *
تَفَطُّنِ السَّامِعِ اَؤْ مِقْدَارِ
ذُكَاءٍ
اَوْ تَخْيِيْلِكَ العَدُوْلَا * مِنْكَ الَى أَقْوَاهُمَا دَلِيلًا
وَلِاخْتِرَازِ ظَاهِرٍ عَنِ العَبَثْ *
ولِلوِفَاقِ فَاشْكُرَنَّ مَنْ نَفَثْ
ولَا تَظُنُّ الحَصْرَ فِيْ المَذْكُوْرِ
* بَلْ ذَا هُوَ المَعْرُوْفُ فِيْ
المَشْهُوْرِ
Sebab-sebab dibuang fa’il
:
1.
Karena
nadzam,
2.
Karena
saja’, misalnya : “ طَابَتْ سَرِيْرَتُهُ حُمِدَتْ سَرِيْرَتُهُ ”.
3.
Untuk
memperhina, misalnya : “ طُعِنَ عَمْرٌو ”.
4.
Untuk
ta’dzim fa’il dengan memelihara namanya dari lisan atau daripada
menyertakan dengan maf’ul, misalnya : “ خُلِقَ الخِنْزِيْرُ ”
5.
Karena
takut melarat atasnya,misalnya : “ ضُرِبَ فُلَانٌ ”,atau takut terjadi kemudharatan
darinya,misalnya : “ سُرِقَ الحِصَانُ ”.
6.
Karena
ibham (memperwaham),misalnya : “ رُكِبَ الحَصَانُ ”.
7.
Karena
itsar (memberi bekas )
8.
Karena
sudah maklum,misalnya : “ وَخُلِقَ الإِنْسَانُ ضَعِيْفَ ”.
9.
Karena
jahil,misalnya : “ سُرِقَ المَتَاعُ ”.
10.
Untuk
meringkas,
11.
Mempermudah
ingkar,
12.
Untuk
Menguji,
13.
Karena
Cerdiknya sipendengar,
14.
Mengkadarkan,
15.
Karena
cerdik,
16.
Mengkhayalkan
perpalingan sehingga menjadi dalil,
17.
Untuk
memelihara terjadi main-main.
18.
Karena
kesesuaian, dan lain-lain.
Fi’il_nya dinamakan dengan fi’il mabni lil maf’ul
dan fi’il majhul dan fi’il
mabni lil majhul dan fi’il berubah shighat dan fi’il yang tidak disebutkan fa’il_nya.
Syarat fi’il_nya :
Mutasharrif yang tam , maka fi’il jamid
tidak boleh dibina bagi majhul begitu juga fi’il naqish menurut ulama bashariyun.
Bentuk fi’il_nya
Apabila fi’il_nya berupa fi’il madhi maka dhammah_kanlah
huruf awalnya dan kasrah_kan huruf sebelum akhirnya, seperti “ ضُرِبَ ”.
Apabila fi’il madhi diawali dengan ta zaidah
maka dhammah_kanlah huruf huruf pertama dan huruf kedua, misalnya: “ تُعُلِّمَ , تُضُوْرِبَ ”.
Apabila fi’il madhi diawali dengan hamzah
washal ,maka dhammah_kanlah huruf pertamanya dan yang ketiga,
misalnya : “أُنْطُلِقَ , أُسْتَخْرِجَ
هَمْزَةُ
الوَصْلِ هُوَ : الَّتِيْ تَثْبُتُ فِيْ الإِبْتِدَاءِ وَ تُحْذَفُ فِيْ الدَّرْجِ
.
Hamzah
washal adalah hamzah yang
disebutkan pada permulaan dan dibuangkan pada persambungan.
Apabila fi’il madhi berupa fi’il mu’tal ‘ain
maka cara membacanya ada beberapa macam :
a)
Boleh
meng-kasrah_kan fa fi’il_nya
,lalu menjadikan ya sebagai ‘ain fi’il (walaupun asalnya wawu),
misalnya : “ قِيْلَ , بِيْعَ ”.
b)
Boleh
meng_isymam_kan kasrah kepada dhammah ,yaitu mencampurkan
bunyi kasrah dengan sedikit suara dhammah.
c)
Boleh
men_dhammah_kan fa fi’il
,lalu menjadikan wawu yang di_sukun-kan sebagai ‘ain fi’il
(walaupun asalnya ya ) ,misalnya : “ قُوْلَ , بُوْعَ ”.
Apabila fi’il_nya berupa fi’il mudhari’
,maka dhammah_kanlah huruf awalnya dan fatah_kan huruf sebelum
akhirnya, seperti “ يُضْرَبُ ”.
Pembagian
Naibul fa’il
Naibul fa’il terbagi atas
dua bagian :
1)
Dzahir
Contoh
: “وَإِذَا قُرِئَ القلُرْآنُ , ضُرِبَ مَثَلُ ,
قُضِيَ الأمْرُ , قُتِلَ الخَرَّاصُوْنَ , يُعْرَفُ المُجْرِمُوْنَ ”.
2)
Mudzmar
Contoh
: “ ضُرِبْتُ , ضُرِبْنَا ,
ضُرِبْتَ ”, dan lain-lain.
Lafaz
– Lafaz yang Dijadikan Sebagai Naibul Fa’il
Fa’il dapat diganti
kedudukannya oleh salah satu dari lima perkara :
1)
Maf’ul bih
Maf’ul bih
merupakan asal dari naibul fa’il, namun maf’ul yang kedua dari
bab “ ظَنَّ ” tidak boleh dijadikan sebagai naibul
fa’il, begitu juga maf’ul
yang ketiga dari bab “ أَعْلَمَ ” dan maf’ul yang kedua
dari bab “ أَعْطَى ”, jika menjatuhkan dalam
talabbus (keserupaan).
Contoh : “ قُضِيَ الأَمْرُ أَصْلُهُ
قَضَى اللَّهُ الأْمْرَ ”.
2)
Dzaraf (zamani atau makani)
Syaratnya
:
a)
Dzaraf yang mutasharrifah, yakni kalimat yang dijadikan
sebagai naibul fa’il kadang-kadang
dipakai sebagai dzaraf dan kepda lainnya, maka keluarlah lafaz “ إِذَا , عِنْدَ , هُنَا ْ
ثَمَّ ” dan tiap-tiap kalimat yang melazimi bagi idhafah.
b)
Mukhtash
,yakni dzaraf yang menunjukkan kepada yang tertentu, maka
keluarlah dzaraf yang mubham, seperti : “ وَقْتَ , حِيْنَ , نَاحِيَةَ , جَانِبَ ”.
Contoh : “جُلِسَ
أَمَامُكَ , صِيْمَ رَمَضَانُ ”. Lafaz “ أَمَامُكَ ” dan “ رَمَضَانُ ” merupakan dzaraf yang mutasharrifah karena pemakaiannya
tidak terkhusus sebagai maf’ul fih(dzaraf) tetapi juga dipakai
sebagai fa’il, maf’ul, idhafah
dan lainnya.Lafaz “ أَمَامُكَ ” mukhtash dengan idhafah, sedangkan lafaz “رَمَضَانُ ” mukhtash dengan ‘alamiyah.
3)
Jar dan majrur
Syaratnya
:
a)
Huruf
jar yang tidak berfaedah bagi ta’lil.
b)
Huruf
jar yang tidak lazim wajh yang satu dalam isti’mal (pemakaian),
seperti “ مُذْ ” yang terkhusus dengan zaman, dan “ رُبَّ ” yang terkhusus dengan nakirah.
Contoh : “ لَمَّا سُقِطَ فِيْ أَيْ دِيْهِمْ ” ,lafaz “ لَمَّا ” adalah dzaraf zaman dengan
makna “ حِيْنَ ” menurut pendapat sebagian ulama
nahwu, sedangkan menurut jumhur ulama lafaz “ لَمَّا ” adalah huruf raabit bagi
wujud sesuatu dengan sebab wujud lainnya.
Menurut ikhtiyar Ibnu Malik : “yang dijadikan sebagai naib fa’il adalah majmu’(kumpulan)
dari jar beserta majrur. Sedangkan pendapat yang tahqiq
yang dijadikan sebagai naib fa’il adalah majrur saja ,karena majrur
adalah maf’ul pada hakikat sedangkan huruf jar didatangkan untuk
menyambungkan makna fi’il kepada isim.
4)
Mashdar (maf’ul muthlaq)
Syaratnya
:
a)
Mutasharrif ,yakni mashdar yang tidak melazimi bagi nasab
diatas mashdariyah , maka keluarlah seumpama lafaz “ مَعَاذَ اللَّهِ ” dan “ سُبْحَانَ اللَّهِ ”,karena melazimi nasab diatas mashdariyah.
b)
Mukhtash ,yakni mashdar yang berfaedah ziyadah
(bertambah) diatas makna amilnya adakala secara pasti ,seperti “ ضُرِبَ ضَرْبَتَانِ ” ,atau dengan idhafah, seperti “ ضُرِبَ ضَرْبُ الأَمِيْرِ
” ,atau dengan alif dan lam ,seperti “ سِيْرَ السَّيْرُ ” atau dengan washaf yang
dzahir ,seperti “ فَأِذَا نُفِخَ فِيْ الصُّوْرِ نَفْخَةً وَاحِدَةً ” ,atau dengan washaf yang
ditakdirkan ,seperti “ فَمَنْ عُفِيَ لَهُ مِنْ أَخِيهِ شَيْئٌ اَيْ عَفْوُ مَا مِنْ جِهَةِ أَخِيْهِ ”. Maka keluarlah mashdar
yang ketiadaan mukhtash (mashdar yang tidak berfaedah bertambah makna ) yang
dinamakan dengan mashdar muakkad .
5)
Jumlah
Jumlah
menjadi naibul fa’il terkhusus dengan bab “ القَوْلُ ” saja, ketiadaan yang muradif (bersinonim) dengannya, seperti
lafaz “ الوَحْيُ , الإِلْهَامُ ”.
Contoh
: “ وَقِيْلَ للَّذِيْ
إِتَّقُوْا مَاذَا أَنْزَلَ رَبُّكُمْ ”.
Pada dasarnya tidak boleh menjadikan selain maf’ul bih
sebagai naibul fa’il bilamana ada maf’ul bih, tetapi tertentu/wajib
yang dijadikan sebagai naibul fa’il adalah maf’ul bih
tersebut,karena maf’ul bih sangat erat kaitannya dengan fa’il
disegi tawaquf (terhenti) memahami makna fi’il diatasnya.
Sedangkan ulama kufiyun memperboleh menjadikan
selain maf’ul bih sebagai naibul fa’il disaat ada maf’ul bih,
pendapat tersebut dipilih oleh Ibnu Malik, karena warid sima’ (dengar)
tentang demikian.
Apabila fi’il yang dibina bagi maf’ul
berupa fi’il yang muta’adi bagi dua maf’ul yang asal
keduanya mubtada dan khabar ,maka terta’yin (tertentu/mesti) yang
dijadikan sebagai naib fa’il adalah maf’ul yang pertama menurut
pendapat ashah dan dinasabkan maf’ul yang kedua, misalnya : “ظُنَّ
زَيْدٌ قَائِمًا ” ,atau asalnya bukan
dari mubtada dan khabar ,seperti bab “ أَعْطَى ”,misalnya : “أُعْطِيَ زَيْدٌ دِرْهَمًا ”
dan “ كَسَى ”,misalnya: . كُسِيَ زَيْدٌ ثَوْبًا
***
Tidak ada komentar