fhg

fhg

NAHWU



BAB  TENTANG MAF’UL YANG TIDAK DISEBUTKAN FA’ILNYA Atau BAB NAIBUL FA’IL
الفَاعِلُ هُؤَ : الإِسْمُ المَرفُوْعُ الَّذِيْ لَمْ يُذْكَرُ مَعَهُ فَاعِلُهُ وَأُقِيْمَ هُوَ مَقَامَهُ فَصَارَ مَرْفُوْعًا بَعْدَ أنْ كَانَ مَنْصُوْبًا وَعُمْدَةً بَعْدَ أَنْ كَانَ فُضْلَةً فَلا يَجُوْزُ حَذْفُهُ وَ تَقْدِيْمُهُ عَلَى الفِعْلِ وَيَجِبُ تَأِنِيْثُ الفِعْلِ إِنْ كَانَ مُؤَنَّثًا وَيَجِبُ أَنْ لا يَلْحِقَ الفِعْلَ عَلامَةُ ْتَثْنِيَةٍ اَوْ جَمْعٍ إِنْ كَانَ مُثَنَّى اَوْ مَجْمُوْعًا . 
Naib fa’il adalah (isim) yang sharih atau muawwal ( yang marfu’ yang tidak disebutkan fa’il_nya dan dipertempatkan isim tersebut pada tempat fa’il  disegala hukum-hukumnya,sehingga dengan sebab mempertempatkannya pada tempat  fa’il maka isim tersebut menjadi marfu’ setelah dahulunya manshub, dan menjadi ‘umdah setelah dahulunya fudhlah, maka tidak boleh membuangnya dan mendahulukannya  diatas fi’il, dan wajib men_taknist_kan fi’il bilamana naib fa’il-nya muannast hakiki,seperti “ ضُرِبَتْ هِنْدٌ , إِّذَا زُلْزِلَتِ الأَرْضُ ” , dan diwajibkan agar fi’ilnya tidak dihubungkan tanda tastniyah atau jamak jika naib fa’il_nya mutsanna atau jamak,seperti “ ضُرِبَ الزَّيْدَانِ , ضُرِبَ الزَّيْدُوْنَ ”.
Sebab -sebab dibuangkan fa’il dan dipertempatkan maf’ul pada tempatnya
           وَحَذْفُكَ الفَاعِلَ للنِّظَام  *   وّالسَّجَعِ والتَّحْقِيْرِ والإِعْظَامِ  
  والخَوْفِ والإبْهَامِ والإيْثَارِ  *  والعِلْمِ والجَهْلِ والإِخْتِصَارِ 
  تَيَسُرِ الإنْكَارِ واخْتِبَارِ  *    تَفَطُّنِ السَّامِعِ اَؤْ مِقْدَارِ
ذُكَاءٍ اَوْ تَخْيِيْلِكَ العَدُوْلَا  *    مِنْكَ الَى أَقْوَاهُمَا دَلِيلًا
     وَلِاخْتِرَازِ ظَاهِرٍ عَنِ العَبَثْ  *     ولِلوِفَاقِ فَاشْكُرَنَّ مَنْ نَفَثْ 
    ولَا تَظُنُّ الحَصْرَ فِيْ المَذْكُوْرِ *  بَلْ ذَا هُوَ المَعْرُوْفُ فِيْ المَشْهُوْرِ
Sebab-sebab dibuang fa’il :
1.     Karena nadzam,
2.     Karena saja’, misalnya : “ طَابَتْ سَرِيْرَتُهُ حُمِدَتْ سَرِيْرَتُهُ ”.
3.     Untuk memperhina, misalnya : “ طُعِنَ عَمْرٌو ”.
4.     Untuk ta’dzim fa’il dengan memelihara namanya dari lisan atau daripada menyertakan dengan maf’ul, misalnya : “ خُلِقَ الخِنْزِيْرُ
5.     Karena takut melarat atasnya,misalnya : “ ضُرِبَ فُلَانٌ ”,atau takut terjadi kemudharatan darinya,misalnya :   سُرِقَ الحِصَانُ ”.
6.     Karena ibham (memperwaham),misalnya : “ رُكِبَ الحَصَانُ ”.
7.     Karena itsar (memberi bekas )
8.     Karena sudah maklum,misalnya : “ وَخُلِقَ الإِنْسَانُ ضَعِيْفَ ”.
9.     Karena jahil,misalnya : “ سُرِقَ المَتَاعُ ”.
10.                        Untuk meringkas,
11.                        Mempermudah ingkar,
12.                        Untuk Menguji,
13.                        Karena Cerdiknya sipendengar,
14.                        Mengkadarkan,
15.                        Karena cerdik,
16.                        Mengkhayalkan perpalingan sehingga menjadi dalil,
17.                        Untuk memelihara terjadi main-main.
18.                        Karena kesesuaian, dan lain-lain.
Fi’il_nya dinamakan dengan fi’il mabni lil maf’ul dan fi’il majhul dan  fi’il mabni lil majhul dan fi’il berubah shighat dan  fi’il yang tidak disebutkan fa’il_nya.
Syarat  fi’il_nya :
Mutasharrif  yang tam , maka fi’il jamid tidak boleh dibina bagi majhul begitu juga fi’il naqish menurut ulama bashariyun.
Bentuk  fi’il_nya
Apabila fi’il_nya berupa fi’il madhi maka dhammah_kanlah huruf awalnya dan kasrah_kan huruf sebelum akhirnya, seperti “ ضُرِبَ ”.
Apabila fi’il madhi diawali dengan ta zaidah maka dhammah_kanlah huruf huruf pertama dan huruf kedua, misalnya:  تُعُلِّمَ , تُضُوْرِبَ .
Apabila fi’il madhi diawali dengan hamzah washal ,maka dhammah_kanlah huruf pertamanya dan yang ketiga, misalnya : “أُنْطُلِقَ , أُسْتَخْرِجَ
هَمْزَةُ الوَصْلِ هُوَ : الَّتِيْ تَثْبُتُ فِيْ الإِبْتِدَاءِ وَ تُحْذَفُ فِيْ الدَّرْجِ .
Hamzah washal adalah hamzah yang disebutkan pada permulaan dan dibuangkan pada persambungan.
Apabila fi’il madhi berupa fi’il mu’tal ‘ain maka cara membacanya ada beberapa macam :
a)     Boleh meng-kasrah_kan  fa fi’il_nya ,lalu menjadikan ya sebagai ‘ain fi’il (walaupun asalnya wawu), misalnya : “ قِيْلَ , بِيْعَ ”.
b)    Boleh meng_isymam_kan kasrah kepada dhammah ,yaitu mencampurkan bunyi kasrah dengan sedikit suara dhammah.
c)     Boleh men_dhammah_kan  fa fi’il ,lalu menjadikan wawu yang di_sukun-kan sebagai ‘ain fi’il (walaupun asalnya ya ) ,misalnya : “ قُوْلَ , بُوْعَ ”.
Apabila fi’il_nya berupa fi’il mudhari’ ,maka dhammah_kanlah huruf awalnya dan fatah_kan huruf sebelum akhirnya, seperti “ يُضْرَبُ ”.
Pembagian Naibul fa’il
Naibul fa’il terbagi atas dua bagian :
1)    Dzahir
Contoh : “وَإِذَا قُرِئَ القلُرْآنُ , ضُرِبَ مَثَلُ , قُضِيَ الأمْرُ , قُتِلَ الخَرَّاصُوْنَ , يُعْرَفُ المُجْرِمُوْنَ  ”.
2)    Mudzmar
Contoh : “ ضُرِبْتُ , ضُرِبْنَا , ضُرِبْتَ ”, dan lain-lain.
Lafaz – Lafaz yang Dijadikan Sebagai Naibul Fa’il
Fa’il dapat diganti kedudukannya oleh salah satu dari lima perkara :
1)    Maf’ul bih
Maf’ul bih merupakan asal dari naibul fa’il, namun maf’ul yang kedua dari bab “ ظَنَّ ” tidak boleh dijadikan sebagai naibul fa’il, begitu juga  maf’ul yang ketiga dari bab “ أَعْلَمَ ” dan maf’ul yang kedua  dari bab “ أَعْطَى ”, jika menjatuhkan dalam  talabbus (keserupaan).
Contoh : “ قُضِيَ الأَمْرُ  أَصْلُهُ قَضَى اللَّهُ الأْمْرَ ”.
2)    Dzaraf (zamani atau makani)
Syaratnya :
a)     Dzaraf yang mutasharrifah, yakni kalimat yang dijadikan sebagai naibul fa’il  kadang-kadang dipakai sebagai dzaraf dan kepda lainnya, maka keluarlah lafaz “ إِذَا , عِنْدَ , هُنَا ْ ثَمَّ ” dan   tiap-tiap kalimat yang melazimi bagi idhafah.
b)    Mukhtash ,yakni dzaraf yang menunjukkan kepada yang tertentu, maka keluarlah dzaraf yang mubham, seperti : “ وَقْتَ , حِيْنَ , نَاحِيَةَ , جَانِبَ ”.
Contoh : “جُلِسَ أَمَامُكَ , صِيْمَ رَمَضَانُ ”. Lafaz “ أَمَامُكَ ” dan “ رَمَضَانُ ” merupakan dzaraf yang mutasharrifah karena pemakaiannya tidak terkhusus sebagai maf’ul fih(dzaraf) tetapi juga dipakai sebagai  fa’il, maf’ul, idhafah dan lainnya.Lafaz “ أَمَامُكَ mukhtash dengan idhafah, sedangkan lafaz “رَمَضَانُ  mukhtash dengan ‘alamiyah.
3)    Jar dan majrur
Syaratnya :
a)     Huruf jar yang tidak berfaedah bagi ta’lil.
b)    Huruf jar yang tidak lazim wajh yang satu dalam isti’mal (pemakaian), seperti “ مُذْ ” yang terkhusus dengan zaman, dan “ رُبَّ ” yang terkhusus dengan nakirah.
Contoh : “ لَمَّا سُقِطَ فِيْ أَيْ دِيْهِمْ ” ,lafaz “  لَمَّا ” adalah dzaraf zaman dengan makna “ حِيْنَ ” menurut pendapat sebagian ulama nahwu, sedangkan menurut jumhur ulama lafaz “ لَمَّا ” adalah huruf raabit bagi wujud sesuatu dengan sebab wujud lainnya.
Menurut ikhtiyar Ibnu Malik : “yang dijadikan sebagai naib fa’il adalah majmu’(kumpulan) dari jar beserta majrur. Sedangkan pendapat yang tahqiq yang dijadikan sebagai naib fa’il adalah majrur saja ,karena majrur adalah maf’ul pada hakikat sedangkan huruf jar didatangkan untuk menyambungkan makna fi’il kepada isim.
4)    Mashdar (maf’ul muthlaq)
Syaratnya :
a)     Mutasharrif ,yakni mashdar yang tidak melazimi bagi nasab diatas mashdariyah , maka keluarlah seumpama lafaz “ مَعَاذَ اللَّهِ ” dan “ سُبْحَانَ اللَّهِ ”,karena melazimi nasab diatas mashdariyah.
b)    Mukhtash ,yakni mashdar yang berfaedah ziyadah (bertambah) diatas makna amilnya adakala secara pasti ,seperti “ ضُرِبَ ضَرْبَتَانِ ” ,atau dengan idhafah, seperti “ ضُرِبَ ضَرْبُ الأَمِيْرِ ” ,atau dengan alif dan lam ,seperti “ سِيْرَ السَّيْرُ ” atau dengan washaf yang dzahir  ,seperti “ فَأِذَا نُفِخَ فِيْ الصُّوْرِ نَفْخَةً وَاحِدَةً ” ,atau dengan washaf yang ditakdirkan ,seperti “ فَمَنْ عُفِيَ لَهُ مِنْ أَخِيهِ شَيْئٌ  اَيْ عَفْوُ مَا مِنْ جِهَةِ أَخِيْهِ ”.  Maka keluarlah mashdar yang ketiadaan mukhtash (mashdar yang tidak berfaedah bertambah makna ) yang dinamakan dengan mashdar muakkad .
5)    Jumlah
Jumlah menjadi naibul fa’il terkhusus dengan bab “ القَوْلُ ” saja, ketiadaan yang muradif (bersinonim) dengannya, seperti lafaz “ الوَحْيُ , الإِلْهَامُ ”.
Contoh : “ وَقِيْلَ للَّذِيْ إِتَّقُوْا مَاذَا أَنْزَلَ رَبُّكُمْ ”.
Pada dasarnya tidak boleh menjadikan selain maf’ul bih sebagai naibul fa’il bilamana ada maf’ul bih, tetapi tertentu/wajib yang dijadikan sebagai naibul fa’il adalah maf’ul bih tersebut,karena maf’ul bih sangat erat kaitannya dengan fa’il disegi tawaquf (terhenti) memahami makna fi’il diatasnya.
Sedangkan ulama kufiyun memperboleh menjadikan selain maf’ul bih sebagai naibul fa’il disaat ada maf’ul bih, pendapat tersebut dipilih oleh Ibnu Malik, karena warid sima’ (dengar) tentang demikian.
Apabila fi’il yang dibina bagi maf’ul berupa fi’il yang muta’adi bagi dua maf’ul yang asal keduanya mubtada dan khabar ,maka terta’yin (tertentu/mesti) yang dijadikan sebagai naib fa’il adalah maf’ul yang pertama menurut pendapat ashah dan dinasabkan maf’ul yang kedua, misalnya : “ظُنَّ زَيْدٌ قَائِمًا  ” ,atau asalnya bukan dari mubtada dan khabar ,seperti bab “ أَعْطَى ”,misalnya : “أُعْطِيَ زَيْدٌ دِرْهَمًا    dan “ كَسَى ”,misalnya:  .  كُسِيَ زَيْدٌ ثَوْبًا
***

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.